Search

Selasa, Juni 22, 2010

ANALISA “STAKEHOLDER” DALAM PENGEMBANGAN STRATEGI ADVOKASI

Interstudy

Pendahuluan

ANALISA DILAKUKAN SEDINI MUNGKIN

Analisa stake holder hendaknya dilakukan sedini mungkin pada awal program untuk mengidentifikasikan berbagai kelompok yang tertarik, berkait dan berminat dengan issue tertentu seperti kesehatan reproduksi, lingkungan dll.

Identifikasi pandangan dan karakteristik dari setiap stake holder ini sangat penting, yang merupakan dasar untuk pelaksanaan tahap berikutnya dalam prakarsa advokasi. Identifikasi yang spesifik ini dapat menghasilkan suatu “propil stakeholder”.

Semakin spesifik informasi pada setiap stakeholder, maka semakin mudah untuk memastikan ketetapan informasi, pesan, dan investasi yang akan dilakukan.

Katagori stakeholder

Dalam advokasi sesuatu program dapat dibagi dalam empat katagori yaitu

1. Penerima advokasi
2. Mitra
3. Pembuat keputusan
4. Musuh atau lawan

Penerima advokasi (beneficiaries)
Atau stakeholder primer
Adalah individu atau kelompok yang memperoleh manfa’at secara langsung dari hasil suatu kegiatan advokasi. Jika dimobilisasi secara tepat maka penerima advokasi merupakan pendukung yang paling terpercaya dan meyakinkan. Namun sayang memobilisasi penerima advokasi ini susah dilaksanakan bahkan tidak mungkin

Mitra dan sekutu atau stakeholder sekunder
Adalah individu, kelompok maupun organisasi yang mempunyai pandangan atau posisi yang sama dan siap bergabung didalam suatu koalisi untuk mendukung isue tertentu.

Membangun kemitraan adalah penting, untuk itu perlu dilakukan identifikasi dan kontribusinya dalam usaha advokasi. Mitra perlu keyakinan dan dorongan terus menerus. Untuk mempererat kemitraan perlu adanya tujuan yang jelas, Pembagian indformasi dan pengalaman belajar, komunikasi yang terbuka dan jujur, serta adanya pertemuan rutin.

Membuat keputusan atau stakeholder kunci
Adalah mereka yang berkepentingan dengan kekuasaan atau otoritas untuk bertindak mempengaruhi perubahan atau kebijakan yang diharapkan.
Yang termasuk di dalam kelompok ini adalah para pembuat undang-undang, anggota parlemen, anggota kabinet, pemuka masyarakat, pemimpin agama, pemimpin tradisional dsb. Tidak dapat diragukan bahwa keputusan adalah merupakan target yang bermakna dalam suatu program advokasi.
Untuk itu kelompok ini mendapat perhatian yang lebih dalam upaya advokasi dibandingkan dengan kelompok lainnya.

Musuh atau penentang
Adalah individu atau kelompok yang memiliki sikap yang bertentangan atau berbeda dalam suatu masalah tertentu dengan sikap dimana advokasi itu dilakukan. Musuh, jangan dilihat sebagai lawan yang harus ditentang, melainkan sebagai seseorang yang memiliki kayakinan dan sikap yang berbeda terhadap issue tertentu. Pentingnya identifikasi musuh ini guna menentukan posisi mereka tentang suatu masalah dan menentukan dasar untuk dialog.

Untuk melihat semuanya itu perlu adanya usaha untuk melakukan identifikasi dan analisis terhadap stakeholder kita, dapat dilihat pada tabel berikut ini. (lihat tabel 1).



Mengidentifikasi dan menganalisa stakeholder
(tabel 1)

Katagori sub/ Besaran/Ukuran/ Pengaruh
stakeholder group lokasi Peng.dan sikap potensial thd upaya Hambatan
kelompok kelompok thd masalah/ advokasi dan cara
isu mengatasi
1 2 3 4 5 6
Pengambil
Keputusan
Rekan
Kerja/mitra
Kelompok
penentang


Dari tabel diatas kita dapat mengumpulkan nama kelompok atau organisasi bahkan individu yang menjadi pengambil keputusan, yang dapat menjadi mitra kita maupun yang berpotensi untuk menghambat advokasi yang direncanakan. Disamping itu kita perlu mengetahui sejauh mana kelompok ini berada atau skalanya, biasa nasional, propinsi maupun lokal.
Identifikasi pula tingkat pengetahuan dan sikap dari setiap stakeholder terhadap issue atau masalah yang kita advokasikan. Apabila terdapat kelompok yang dikapnya mendukung akan tetapi pengetahuannya masih relatif rendah, maka tugas kita adalah menyediakan informasi terkini yang dapat mendukung sikap yang dimilikinya. Juga sebaliknya apabila pengetahuannya mengenal issue atau masalah tersebut telah banyak namun sikapnya masih belum positif benar, maka lobi atau pendekatan untuk menambah keyakinan yang bersangkutan harus lebih banyak dilakukan.

Disamping itu kita perlu melakukan identifikasi terhadap pengaruh potensial dari setiap stakeholder terhadap upaya advokasi yang kita rencanakan, termasuk hal-hal yang menjadi sandungan dalam upaya tersebut serta kemungkinan cara mengatasi. Setelah semua informasi ini terkumpul, maka dilakukan analisis terhadap hasil identifikasi yang telah kita lakukan. Analisis dilakukan secara teliti dan hati-hati akan diperoleh suatu informasi mengenai stakeholder yang tepat bagi upaya advokasi kita. Informasi atau pesan apa yang tepat dan peran yang tepat dapat kita identifikasikan terlebih dahulu.

Penutup
Analisis stakeholder merupakan suatu langkah yang penting didalam penentuan upaya advokasi yang akan kita laksanakan. Keberhasilan dalam penentuan kebijakan publik dan dukungan terhadap penyelesaian satu masalah tertentu sangat tergantung pada stakeholder yang kita pilih. Kesalahan pemilihan stakeholder dan pesan yang kita sampaikan akan menentukan keberhasilan advokasi yang akan dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar